MATARAM — Mengikuti perkembangan zaman yang serba digitalisasi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan portal layanan daerah terintegrasi, yakni NTB DIGIHub.
NTB DIGIHub merupakan portal layanan digital satu pintu yang mengintegrasikan berbagai layanan publik dan layanan pemerintah Provinsi NTB dalam satu platform.
Kepala Dinas Kominfotik NTB, H. Yusron Hadi menjelaskan, bahwa sekarang adalah era digital, harus memperkuat dan harus bisa mengimbangi kebutuhan zaman, kebutuhan masyarakat yang begitu cepat dengan perubahan digital. Oleh karena itu, pemerintah sebagaimana RPJMD 2025-2029 juga salah satu program membagun pemerintahan yang digital.
Selain itu, ini menjadi salah satu kanalisasi yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi NTB untuk digitalisasi pemerintahan kedepannya yang semakin kuat lagi.
“Launching yang dilakukan hari ini, adalah meletakkan dasar bagi proses digitalisasi pemerintahan yang lebih baik lagi kedepan,” ujar Yusron usai resmi meluncurkan aplikasi NTB DIGIHub bersama Gubernur NTB dan sejumlah Kepala OPD terkait lainnya di, Hotel Lombok Raya, Senin (8/12/2025).
Yusron juga menyebutkan, setidaknya ada 30 aplikasi pemerintahan provinsi yang terintegrasikan untuk pertama kalinya.
Dengan diluncurkannya aplikasi ini, Yusron berharap pada tahun 2026 nanti akan semakin banyak, dan juga termasuk pelayanan-pelayanan yang terkait dengan kabupaten/kota, baik dibidang pendidikan maupun kesehatan.
Ini sesuai dengan harapan gubernur, pemprov harus membangun sistem yang lebih baik dan lebih lebih kuat lagi, karena sejatinya bukan soal membuat aplikasinya, tetapi bagaimana arsitektur daripada digital, proses ini harus bisa dibaca lebih baik, sehingga itu kemudian akan mempengaruhi kualitas digital atau portal digital yang dibangun.
“Kami memohon dukungan seluruh stakeholder, tidak saja OPD pemerintah provinsi, tetapi juga mitra-mitra strategis kita. Membangun aplikasi, memanfaatkan aplikasi bagi masyarakat harus bersama sama kita benahi bersama, kita kolaborasi bersama untuk membangun sistem pelayanan digital semakin baik kedepan,” ujar Yusron.
Selanjutnya, Diskominfotik NTB kedepannya berencana akan mengurus kelembagaan sistem digitalisasi ini.
Adapun manfaat dari NTB DIGIHub :
1. Mempermudah akses layanan dalam satu portal
2. Proses lebih cepat, efisien dan realtime
3. Lebih transparan, status layanan dapat dipantau
4. Terintegrasi, banyak layanan dapat diakses melalui satu portal.
Layanan integrasi dari berbagai sektor :
1. SPMB (Sistem Pendaftaran Murid Baru)
2. Informasi ketersediaan bed dan dokter di RSUP, RSJ, dan RS Mata
3. Skrining kesehatan jiwa
4. Informasi kebencanaan
5. Informasi lowongan kerja
6. Kalender Event
7. Informasi pajak kendaraan bermotor
8. Informasi harga pangan harian
9. NTB satu data
10. dll.
Cara menggunakannya :
1. Akses portal melalui browser (https://digihub.ntbprov.go.id)
2. Pilih layanan yang dibutuhkan
3. Login/daftar menggunakan SSO (untuk layanan tertentu)
4. Isi form permohonan layanan
5. Pantau proses permohonan layanan
6. Terima layanan secara digital. (AL-03)













